Bekerja dengan Object Oriented

Bekerja dengan Object Oriented

  1. Visualisasi sebuah Class

Class, dalam notasi UML digambarkan dengan kotak. Nama class menggunakan huruf besar di awal kalimatnya dan diletakkan di atas kotak. Bila class mempunyai nama yang terdiri dari 2 suku kata atau lebih, maka semua suku kata digabungkan tanpa spasi dengan huruf awal tiap suku kata menggunakan hurup kapital.

  1. Attribute

Attribute adalah property dari sebuah class. Attribute ini melukiskan batas nilai yang mungkin ada pada obyek dari class. Sebuah class mungkin mempnyai nol atau lebih attribute.

  1. Operation

Operation adalah  sesuatu yang bisa dilakukan oleh sebuah class atau yang anda (atau class lain) dapat lakukan untuk sebuah class.

  1. Responsibility dan Constraint

Responsibility adalah keterangan tentang apa yang akan dilakukan class yaitu apa yang akan dicapai oleh attribute dan operations. Sebagai contoh, mesin cuci mempunyai responsibility mengambil pakaian kotor sebagai input dan menghasilkan pakaian bersih sebagai output. Untuk menunjukkan responsibility ini bisa diletakkan di bawah operation.

Kadangkala spesifikasi detil tentang suatu class perlu juga dimunculkan. Untuk itu digunakan constraint yaitu text yang diapit kurung kurawal. Kegunaan constraint ini adalah untuk menunjukkan satu atau lebih aturan yang diikuti oleh class.

Rujukan:

Munawar, (2005). Pemodelan Visual dengan UML, Penerbit Graha Ilmu.

 

 

 

This entry was posted in Kuliah, Pemodelan Sistem Informasi and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s