Pemrograman WAP

Pendahuluan

Dalam perancangan sebuah situs, WAP menggunakan bahasa komputasi yang dikenal sebagai WML (Wireless Markup Language). WML akan mengubah informasi berupa teks dari halaman situs dan menampilkannya kelayar ponsel. WML juga memungkinkan pengguna menjelajahi suatu aplikasi WAP serta mendukung link seperti yang lazim terdapat di halaman web.

WML juga mempunyai WML Script yang dirancang untuk menambahkan fungsionalitas pada content statis dari WML, yaitu WML Script mampu melakukan validasi terhadap masukan (input) yang diberikan user dan berinteraksi dengan user. Sama seperti HTML yang mempunyai Java Script untuk membuat halaman-halaman di dalamnya agar interaktif.

Namun, berbeda dengan Java Script yang bisa dimasukkan ke dalam HTML, WML Script tidak bisa dijadikan satu dengan WML dan harus berdiri sendiri sebagai satu file skrip khusus yang berekstensi *.wmls. Perbedaan lainnya adalah gambar yang tampil di layar ponsel haruslah gambar yang telah dikonversi ke dalam format Wireless BitMap (wbmp) yang mempunyai kedalaman warna satu digit (dua ‘warna’ yaitu hitam dan putih).

Inti dari WML Script adalah pernyataan if (pernyataan bersyarat) dan for (perulangan) sebagai elemen penting dari suatu skrip. Dan WML Script juga merupakan skrip yang berorientasi pada fungsi, sehingga dalam suatu file WML Script dapat memuat banyak fungsi sekaligus.

Struktur WML

Secara umum, beberapa perintah WML terlihat mirip dengan HTML. Namun, terdapat perbedaan dalam struktur penulisannya. Jika sebuah dokumen HTML hanya terdiri atas dua bagian utama, yaitu header dan body, maka dokumen WML mempunyai header, template dan beberapa body yang dikenal dengan cards.
Suatu halaman WAP dapat terdiri atas beberapa sub halaman atau tingkatan, yang disebut sebagai deck, yang masing-masing tingkatannya disebut dengan cards. Susunan hirarki dokumen WML secara lengkap dapat dilihat pada gambar berikut:

                              Gambar 1. Struktur Wireless Markup Language (WML)

Menyiapkan Lingkungan Pemrograman WAP

Pengembangan aplikasi WAP pada sisi client dilakukan dengan pemrograman WML dan WMLScript. Program aplikasi yang dapat digunakan ada banyak, bisa menggunakan notepad atau dengan IDE (Integrated Development Environment) yang banyak memberikan fasilitas.
Salah satu WAP IDE (sudah termasuk WAP Emulator) yang dapat digunakan adalah Open Wave SDK buatan phone.com, yang dapat didownload di http://www.openwave.com

                              Gambar 2. Contoh tampilan WAP IDE: Open Wave

Rujukan:

WML dan WML Scripts. http://fahmizaleeits.wordpress.com/2010/09/14/wml-dan-wml-script/

This entry was posted in Aplikasi WAP, Kuliah and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s