Wireless Application Protocol

Pendahuluan

Wireless Application Protocol (WAP) merupakan protokol standard di seluruh dunia dalam menyediakan komunikasi internet dan mengedepankan layanan pada digital mobile devices, seperti telepon seluler, pagers, dan alat wireless lainnya.

Struktur dari mekanisme kerja WAP mirip dengan mekanisme kerja Internet. WAP membutuhkan sebuah gateway untuk menjembatani ponsel dengan Internet dalam mengirim dan menerima data. Sama halnya dengan pengguna komputer yang membutuhkan ISP (Internet Service Provider) sebagai gateway dalam menjembatani komputer dengan Internet.

Ada tiga bagian utama dalam mengakses WAP, yaitu

1. Perangkat nirkabel yang mendukung WAP,
2. WAP Gateway sebagai perantara, dan
3. Web Server sebagai sumber dokumen.

                                              Gambar 1. Mekanisme Kerja WAP

Dari gambar diatas, dapat dilihat mekanisme kerja dari WAP yang dapat dijabarkan sebagai berikut:
a. Para Pengguna ponsel yang memiliki fasilitas WAP menekan tombol ponsel yang terhubung ke suatu alamat di Internet (URL).
b. Ponsel mengirimkan URL Request ke WAP Gateway menggunakan protokol WAP.
c. Gateway menciptakan HTTP Request ke URL yang bersangkutan dan mengirimkannya ke web server.
d. HTTP Request di proses oleh web server. URL tersebut bisa merujuk ke file WAP statis atau digunakan oleh skrip CGI untuk menciptakan suatu WAP Content. Server akan mengambil file ini dan menambahkan HTTP header padanya atau bila URL menspesifikasikan suatu skrip aplikasi, maka server akan menjalankan skrip ini.
e. Web server mengirimkan WML Content yang telah ditambahkan HTTP header.
f. WAP Gateway memverifikasi HTTP header dan WML content, lalu melakukan encode menjadi format biner. Kemudian gateway menciptakan WAP Response yang berisi WML dan mengirimkannya ke ponsel.
g. Ponsel menerima WAP Response dan memproses WML untuk menampilkan isinya. Jika pengguna ponsel ingin melihat suatu halaman web dengan format HTML, gateway akan menerjemahkan halaman tersebut ke dalam format WML. Namun, meskipun dokumen HTML dapat saja diakses melalui ponsel, dokumen WML lebih ditujukan untuk layar ponsel yang kecil. Maka, beberapa perusahaan telah mulai menyiapkan situs WAP disamping situs web yang sudah ada, yang sering disebut sebagai microbrowser. Dengan mengakses web server melalui ISP dan login ke Internet, maka halaman WAP akan dikirimkan dan ditampilkan di layar ponsel.

Rujukan:
Mekanisme Kerja Wireless Aplication Protocol (WAP). http://fahmizaleeits.wordpress.com/2010/09/13/mekanisme-kerja-wap-wireless-application-protocol/

 

 

 

This entry was posted in Aplikasi WAP, Kuliah. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s