UAS Statistika 2

Jawablah pertanyaan berikut ini.

1. Dari 16 orang penyewa rumah dipilih secara acak, ternyata rata-rata sewa per bulan sebesar Rp 80 ribu dengan standar deviasi Rp 12 ribu. Dengan tingkat keyakinan sebesar 90%. Buatlah pendugaan interval rata-rata sewa rumah per bulan di daerah tersebut.

2. Sebuah Konsultan Penelitian mengadakan survey untuk menentukan rata-rata pengeluaran perokok menghabiskan rokok selama seminggu. Dari 49 orang diambil sebagai sampel acak didapat bahwa rata-ratanya adalah $20 dan standar deviasi $5. Buatlah pendugaan interval rata-rata sampel dengan tingkat keyakinan 95%.

3. Pimpinan TVRI ingin mengetahui proporsi para ibu rumah tangga di Jakarta yang tidak puas dengan program-program TVRI. Untuk itu, dilakukan penelitian terhadap 4.000 ibu rumah tangga yang dipilih secara acak. Ternyata ada 1.500 ibu rumah tangga yang tidak puas dengan program siaran TVRI. Dengan menggunakan tingkat keyakinan sebesar 95%, buatlah pendugaan interval persentase para ibu rumah tangga  yang tidak puas dengan program-program TVRI.

4. Seorang pemilik pabrik rokok mempunyai anggapan bahwa rata-rata nikotin yang dikandung oleh setiap batang rokok adalah sebesar 20 mg, dengan alternatif lebih kecil dari itu. Dari 10 batang rokok yang dipilih secara acak, diperoleh hasil sebagai berikut: 20 mg, 23 mg, 18 mg, 24 mg, 25 mg, 17 mg, 16 mg, 17 mg, 21 mg dan 18 mg. Dengan menggunakan level of significance  0,05. Ujilah pendapat tersebut.

5. Seorang pengusaha di Jakarta ingin mendirikan pasar Swalayan, dengan anggapan bahwa 70% dari para ibuu yang berbelanja senang pergi ke pasar swalayan, dengan alternatif lebih kecil dari itu. Untuk itu, dia minta kepada seorang konsultan untuk menguji pendapat tersebut. Ada 600 ibu rumah tangga yang dipilih secara acak. Ternyata ada 406 yang mengatakan senang berbelanja di pasar swalayan. Dengan menggunakan  Dengan menggunakan level of significance  0,01. Ujilah pendapat tersebut.

This entry was posted in Statistika II and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s