Cara Pandang Orang Beriman

Di dalam pergaulan sehari-hari, kadang ada seseorang bercerita tentang kekayaan atau kelebihan orang lain, walau itu orang tua atau saudaranya sendiri. Ada juga yang bercerita tentang kejahatannya di masa lalu yang dianggap sebuah kelebihan dan kehebatan dirinya dan ada juga yang bercerita tentang rencananya yang akan dikerjkan esok atau di kemudian hari.

Fenomena diatas adalah bagian kecil dari sifat dan pandangan seseorang terhadap apa yang telah, sedang dan akan dikerjakannya. Diantara cerita ketiga org tersebut, cerita siapa yang kita pilih untuk dijadikan sebagai panutan?

Tentu saja kita akan memilih cerita orang yang ketiga. Yaitu orang yang mempunyai rencana yang jelas untuk hari esoknya dan memiliki wawasan dan pikiran maju ke depan.

Kita tidak perlu membanggakan keberhasilan orang lain, tetapi bagaimana kita bisa belajar dari orang lain tentang keberhasilannya untuk kita kedepannya.

Dalam alquran Allah berfirman QS. Al Hasyr ayat 18:
“Hai orang-orang yang beriman bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat) dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah maha mengetahui apa yang kamu kerjakan”

Dari ayat ini, Allah Swt mengingatkan kita untuk selalu mengintrospeksi diri dan beorientasi tidak hanya pada dunia semata tetapi yang paling penting untuk akhirat.

This entry was posted in catatan, dakwah and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s